8 Cara Ampuh Cegah dan Obati Asam Urat

Imagem relacionadaAsam urat timbul karena produksi zat asam bernama purin yang berlebihan. Zat itu muncul akibat dari pemecahan zat nitrogen didalam badan. Kandungan asam urat yang tinggi akan mengakibatkan zat itu tinggal di sendi. Bila asam urat pada sendi makin banyak, akan terjadi penekanan pada sendi yang bisa mengakibatkan nyeri dan pegal. Persendian yang biasanya diserang, yakni sendi jari kaki, jari tangan, tumit, lutut, siku, dan pergelangan tangan.

Asam urat dapat keluar pada seorang dengan rentang umur 20-40 th.. Khusus untuk kamu yang masih tetap muda, jangan pernah penyakit asam urat ini menyusahkanmu dalam melakukan aktivitas. Maka, hindari penyakit ini sedini mungkin agar di saat tua kamu tetaplah sehat dan dapat berkegiatan dengan maksimal.

1.Perbanyak Minum Air Putih

Minumlah air putih minimum 8 – 10 gelas /hari. Maksudnya yakni untuk mengencerkan urin hingga dapat menghalangi sistem terbentuknya asam urat berlebihan. Karena bila badan kita kurang cairan, maka pergkristalan asam urat akan mudah terbentuk.

Diluar itu, minum air dapat juga melakukan perbaikan peranan ginjal dan memudahkan ginjal untuk buang atau megeluarkan zat asam urat yang dibuat oleh zat purin.

2. Hindari Mengkonsumsi Alkohol

Serangan akut asam urat sering dipicu oleh overindulgence yang terdapat didalam alkohol. Alkohol akan tingkatkan asam laktat yang bisa menghalangi pengeluaran asam urat dari badan.

Orang yang sering konsumsi minuman mengandung alkohol memiliki kandungan asam urat lebih tinggi di banding yg tidak mengkonsumsinya. Selain memiliki resiko pada penyakit asam urat, alkohol pun jadi penyebab penyakit-penyakit beda yang beresiko, seperti diabetes, kanker, jantung, dan lain-lain.

3. Konsumsi Makanan yang Memiliki kandungan Potasium Tinggi

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan potasium tidaklah terlalu tinggi seperti kentang, yoghurt, dan pisang. Kentang yang dikonsumsi sebaiknya kentang yang sistem pematangannya tidak digoreng seperti junk food.

Terdapat juga kandungan natrium dalam buah pisang, termasuk sodium. Kandungan sodium dapat juga menolong turunkan kandungan asam urat dalam darah.

4. Rajin Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Mengkonsumsi buah yang banyak terkandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan strawberry. Contoh buah dan sayuran untuk menyembuhkan penyakit asam urat, yakni buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat.

Mengenai jenis sayuran untuk penderita asam urat yg tidak bisa dikonsumsi , yakni kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung.

5. Diet Sehat

Keunggulan berat tubuh dapat juga mengakibatkan asam urat. Kontrol pola makan dan rajin berlolahraga. Bila alur makan tidak dirubah, kandungan asam urat dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan menumpuknya kristal asam urat.

Jika kristal terbentuk dalam cairan sendi, maka akan terjadi penyakit gout (asam urat). Lebih kronis sekali lagi bila penumpukan ini terjadi dalam ginjal, tidak tutup peluang akan menumpuk dan jadi batu asam urat (batu ginjal).

Melindungi konsumsi makanan agar tidak berlebihan harus jadi prioritas utama untuk beberapa pasien asam urat. Bila badan masih tetap sehat pun, tetaplah harus melindungi alur makan. Teratur dan seperlunya.

6. Khasiat Daun Sambiloto

Sambiloto memiliki kandungan beberapa senyawa flavanoid, alkane, keton, aldehid dan beberapa mineral seperti kalsium, kalium dan natrium. Rasa-rasanya pahit, tetapi tanaman ini di kenal jadi antiradang, pembasmi nyeri atau analgetik, dan penawar toksin.

Dari beragam riset memberikan hasil kalau terdapat kandungan zat aktif androgapholid yang sangat berguna untuk penyembuhan termasuk untuk penyakit asam urat.

Cara membuat daun sambiloto jadi obat herbal asam urat, yakni dengan membersihkan bersih 5-10 lembar daun. Lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas air. Minum air rebusan 3 kali satu hari. Diminum 1 jam sebelumnya makan, atau 2 jam setelah makan.

7. Rebusan Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki kandungan Vitamin C dan vitamin A yang cukup tinggi, hingga dapat keluarkan toksin yang ada pada badan. Diluar itu, daun ini dapat juga memperingan nyeri sendi yang disebabkan asam urat,

Kamu dapat membuatnya dengan mudah dirumah. Cukup rebus daun sirsak sejumlah 5 lembar dengan air bersih sampai mendidih. Lalu minum setelah agak dingin. Kerjakan sehari-hari.

8. Terapi Bekam

Inti tehnik therapy bekam adalah keluarkan toksin lewat cara keluarkan darah kotor dari pada badan, termasuk zat purin berlebihan yang mengakibatkan asam urat.

Bekam dapat keluarkan kristal asam urat dari persendian dan jaringan di sekelilingnya, hingga rasa nyeri menyusut dan tidak terjadi peradangan, warna merah, atau pembengkakan pada persendian.

Bekam memiliki kandungan zat prostaglandin dari tempat yang sakit hingga kurangi rasa sakit. Tehnik inipun dapat menyebabkan sekresi zat endorfin dan enkefalin didalam badan yang berperan jadi pereda nyeri alami.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s