7 Tips Menjadi Lebih Dewasa dalam Menjalani Hidup

Hasil gambar untuk 7 Tips Menjadi Lebih Dewasa dalam Menjalani Hidup

Tua itu sudah pasti, tapi dewasa yaitu pilihan. Ujar-ujaran yang rasanya telah akrab dengan Kamu yang tengah atau tengah alami saat pendewasaan. Bagaimanapun usia kita memang selalu jadi bertambah. Semestinya makin bertambah usia, makin bertambah juga kedewasaannya. Sayang, tidak kebanyakan orang tahu cara jadi lebih dewasa.

Bermacam alasan diutarakan oleh mereka yang belum jadi dewasa. Ada yang memang tidak paham langkahnya, namun ada pula yang tidak ingin jadi dewasa. Terjebak dalam jeratan saat remaja yang demikian sayang untuk ditinggalkan.

Karena dewasa yaitu bentuk pergantian dari mental dan sikap seorang, maka usia tidaklah batasan yang mutlak. Lalu bagaimana caranya jadi lebih dewasa dalam melakukan hidup? Berikut 7 cara yang layak Kamu kerjakan.

1. Lebih Bertanggung Jawab

berpikir dewasa dan bersikap dewasa sangat sama dengan tanggung jawab. Untuk jadi sosok yang lebih dewasa, Kamu harus mulai belajar untuk bertanggungjawab pada segalanya yang Kamu kerjakan. Apapun sebagai pilihan Kamu, Kamu harus dapat mempertanggungjawabkannya sendiri.

Setiap orang dewasa harus telah memikirkan untuk bertanggungjawab atas suatu hal yg tidak dikehendaki yang disebut efek dari tindakannya. Perlihatkan tanggung jawab Kamu, maka Kamu telah melakukan langkah penting untuk jadi dewasa.

Aksi lari dari tanggung jawab terang bukanlah sebuah sikap yang dewasa. Mereka yang bertindak seperti itu, belum dapat memikirkan jauh ke depan.

Karenanya, berpikirlah panjang ketika akan melakukan suatu hal yang penting. Jangan pernah ada penyesalan di belakang yang ujungnya jadi aksi lari dari tanggung jawab.

2. Berani Mengaku Kekeliruan

Ketika melakukan kekeliruan, salah satu bentuk tanggung jawab Kamu yaitu dengan mengakuinya. Janganlah mengalihkan kekeliruan yang Kamu kerjakan sendiri pada orang lain karena hal tersebut hanya akan tunjukkan ketidakdewasaan Kamu. Akui dengan jantan setiap kekeliruan, maka orang lain semakin lebih menghormati Kamu.

Selain mengaku kekeliruan, perkataan maaf yang tulus juga tetaplah harus dilakukan. Walau itu harus dilakukan pada orang yang tambah lebih muda usianya dari Kamu. Keinginan maaf itu akan tunjukkan kalau Kamu memang tidak punya niat melakukan kekeliruan itu.

Demikian halnya ketika orang lain mengaku kekeliruan, Kamu harus dapat memaafkannya. Jadi contoh, pernyataan salah rekan Kamu yang Kamu terima dengan lega dada tunjukkan kebesaran hati Kamu. Sekaligus tunjukkan kalau Kamu memang telah meniti bagian yang benar untuk jadi manusia yang lebih dewasa.

3. Menghormati dan Menghormati Setiap Ketidaksamaan

Tak ada orang yang dilahirkan sama persis. Bahkan juga sepasang kembar sama meskipun. Tuhan membuat setiap manusia dengan kodratnya semasing. Karenanya sangat lumrah akan selalu ada ketidaksamaan dalam soal apapun dengan orang lain.

Hargai setiap pendapat dan sikap orang lain yang tidak sama dengan pemikiran Kamu. Menjadikan input positif dari setiap pendapat orang lain yang dapat menyempurnakan pendapat atau pemikiran Kamu. Termasuk dalam sikap ini yaitu dengan tidak melihat sepele setiap pendapat orang.

Sebaliknya, bila hanya jadikan pendapat Kamu sendiri jadi yang paling baik, maka Kamu sudah menapaki jalan tidak untuk jadi dewasa. Kamu akan terjerat dalam pusaran palsu mengenai sebuah kedewasaan.

4. Dapat Berlaku Adil Pada Beberapa orang Disekitar

Adil yaitu meletakkan suatu hal sesuai sama tempat dan peruntukkannya. Jadi lebih dewasa akan tercermin dari sikap pada lingkungan di sekitar Kamu. Apakah Kamu telah dapat berlaku adil atau malah tidak? Ini adalah salah satu cara untuk melindungi perasaan orang lain.

Untuk dapat adil pada beberapa orang di sekitar Kamu memang perlu pemikiran yang masak. Termasuk dapat memosisikan diri dengan tepat dalam keadaan dan kondisi yang tidak sama. Apa yang perlu Kamu katakan dan kerjakan dalam sebuah kondisi yang ada di lingkungan Kamu akan tunjukkan sikap kedewasaan Kamu.

5. Terima Kritikan dengan Tangan Terbuka

Sedikit orang yang dapat terima kritikan dengan tangan terbuka. Namun bila dapat mengerjakannya, itu pertanda Kamu telah dewasa. Hanya beberapa orang yang berjiwa besar ketika dapat membalas kritik tajam dengan sebuah senyuman. Tetaplah tenang dan sabar ketika terima kritikan yaitu ciri orang yang telah dewasa.

Menjadikan kritikan yang masuk jadi alat untuk melakukan introspeksi dan berikan motivasi Kamu. Karena mungkin saja kritikan itu memang adalah beberapa hal yang umum atau pernah Kamu kerjakan.

Hanya orang dewasa yang dapat terima beberapa hal negatif dan mengubahnya jadi energi positif yang bermanfaat untuk perubahan mentalnya. Ini akan jadi cara Kamu belajar menghormati orang lain, walau tidak sama pandangan dengan Kamu.

6. Dapat Meredam Ego

Ego yaitu hal yang manusiawi dan adalah anugerah segera dari Sang Pencipta. Namun bukanlah bermakna Kamu harus selalu menjaga ego sendiri. Karenanya jadikanlah Kamu jadi seorang yang mudah di buat tahu. Tujuannya, kurangi keras kepala atau ego yang sampai kini mengikuti perjalanan hidup Kamu.

Cara kurangi ego yaitu dengan selalu berupaya memosisikan diri diluar diri Kamu. Hingga pandangan yang didapat pun dapat seimbang. Tidak cuma berpatokan pada egosentris yang besar, namun dapat juga lihat dari segi yang lain.

Ciri seorang yang telah dapat melepas egonya yaitu mudah di ajak bicara atau diskusi untuk keduanya sama memperoleh titik temu atau jalan keluar dari problem yang dihadapi. Dalam hal semacam ini perlu penambahan keyakinan pada orang lain agar rasa sama-sama yakin dapat tumbuh dengan baik.

7. Merampungkan Problem Dengan Mandiri

Makin dewasa seorang dapat tercermin dari kemampuannya dalam merampungkan problem dengan mandiri. Tidak cepat-cepat minta pertolongan orang lain untuk memecahkan problem yang dihadapi. Upayakan Kamu untuk mencari jalan keluar dengan mandiri lebih dahulu.

Ketika Kamu dapat merampungkan problem tanpa ada melibatkan orang lain di dalamnya, automatis rasa yakin diri Kamu akan tumbuh semakin besar. Makin banyak problem yang dapat dikerjakan tanpa ada pertolongan orang lain, makin besar juga rasa yakin diri yang Kamu punyai.

Ingat, jangan sampai jadi orang yang lari dari problem. Ini hanya jadi bukti kalau Kamu belum dewasa. Karena setiap problem yang Kamu tinggalkan tanpa ada berupaya memperoleh jalan keluar itu malah hanya akan menaikkan besar problem yang dihadapi.

Dengan kata lain, lari dari problem hanya akan membuat problem baru. Perlihatkan kedewasaan Kamu dengan hadapi problem dan berupaya untuk memperoleh pemecahannya.

Sekianlah 7 cara yang layak Kamu kerjakan untuk jadi dewasa dalam melakukan hidup. Memang tidak mudah, tetapi bila Kamu berkemauan kuat, cepat atau lambat Kamu dapat berlaku lebih dewasa. Mudah-mudahan berguna!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s