Waktu Penggantian Sepatu Safety

Gambar terkait

Cara praktis memastikan kapan sepatu safety baiknya ditukar yaitu bila sepatu safety tidak dapat lagi berperan membuat perlindungan kaki dari pukulan, bentrokan, tusukan, atau bahaya yang lain, maka Kamu harus segera menggantinya. – Fawn Evenson, American Apparel and Footware Association President

Material dan design sepatu safety memang makin mutakhir, namun masih tetap saja setiap alat pelindung diri pasti memiliki rentang umur yang terbatas. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk ganti sepatu safety? Seberapa sering sepatu safety harus ditukar?

Sampai saat ini, regulasi yang mengulas tentang saat kedaluwarsa maupun saat pergantian sepatu safety memang belum ada. Pastinya terdapat beberapa hal yang perlu diperhitungkan dalam memastikan frekwensi pergantian sepatu safety.

Keadaan dan kondisi di lingkungan kerja, jadi salah satu hal penting yang perlu diperhitungkan dalam mengatur seberapa sering sepatu safety harus ditukar. Sebagai contoh, seseorang yang bekerja di lapangan atau konstruksi mungkin perlu mengganti sepatu safety setahun sekali atau kurang. Disamping itu, seseorang yang bekerja di gudang, sepatu safety dapat tahan lebih lama, mungkin dapat dipakai selama 1, 5 tahun.

Walau frekwensi pergantian sepatu safety itu dapat tidak sama, namun sepatu safety harus cepat ditukar apabila ada rusaknya fisik yang pasti. Sepatu safety yang usang bukan sekedar menghalangi kerja Kamu, namun dapat juga tingkatkan resiko cedera. Pakai beberapa dasar ini untuk tahu apakah sepatu safety Kamu memang telah waktunya untuk pensiun atau tidak.

  • Steel-toe alami rusaknya (berlekuk/penyok) akibat terserang jatuhan benda tajam dan/atau benda berat.
  • Tapak sepatu yang hilang dan licin. Seiring waktu berjalan, karet pada outsole akan menipis seperti karet pada ban mobil. Perhatikan ” titik botak ” pada outsole-nya, bagian karet mana yang memudar. Bila hanya lecet-lecet sedikit itu tidak jadi masalah, tetapi bila tapaknya hilang dan bagian outsole-nya sangat tidak tebal, hal semacam ini mengakibatkan sepatu jadi licin dan membahayakan.
  • Midsole yang habis (aus). Midsole, bagian sepatu yang berikan rasa ” kenyal ” pada setiap langkah kaki Kamu. Kamu dapat mengecek rusaknya midsole lewat cara meletakkan sepatu diatas meja datar (bagian permukaan sepatu harus lurus dan rata) dan check dari belakang. Bila satu sisinya miring, itu bermakna susunan busa bagian tengah midsole punya masalah. Cara yang lain, bila Kamu dapat menekuk bagian ujung kaki sampai ke tumit, bermakna sepatu Kamu telah tidak memiliki daya serap pada bentrokan lagi. Midsole yang aus dapat mengakibatkan ketidakstabilan pada kaki, hingga dapat menyebabkan cedera pada lutut dan pergelangan kaki.
  • Untuk sepatu safety yang memiliki feature tahan air atau tahan pada bahan kimia, pergantian harus dilakukan bila bagian karet/PVC, foxing, outsole atau toe cap lepas atau mengelupas.
  • Tidak dapat menahan efek bahaya pukulan dan bentrokan. Misalnya bagian atas, toe cap, outsole sepatu mudah retak/tembus/mudah robek saat terserang potongan atau tusukan benda tajam atau berat.
  • Dalam periode waktu kian lebih setahun, sepatu safety online dengan feature anti sengat listrik (electric shock resistance) dan anti statis akan alami penurunan kekuatan dalam menahan efek bahaya atau alami keausan.
  • Sepatu safety yang sole-nya memiliki bahan PU (Poly Urethane) memiliki saat kedaluwarsa, biasanya optimal 4-5 th. dan saat kedaluwarsa saat taruh (bila sepatu jarang dipakai) optimal 2 th. dari saat produksi. Bila telah masuk saat kedaluwarsa, sole memiliki bahan PU akan hancur dengan sendirinya. Kamu dapat lihat kode produksi yang berada dibalik sepatu. Sedang untuk sepatu safety yang sole-nya memiliki bahan rubber (karet) tidak memiliki kedaluwarsa.

Dalam hal semacam ini, entrepreneur dianjurkan memiliki ketentuan tercatat tentang pergantian sepatu safety dengan cara teratur, dapat setahun sekali atau lebih bergantung keadaan ruang kerja dan frekwensi pemakaian sepatu. Pasalnya, apabila entrepreneur lengah mengatasi ini atau tidak memiliki ketentuan yang tentu, maka keselamatan pekerjalah sebagai taruhannya. Selekasnya ganti sepatu safety Kamu bila alami rusaknya fisik atau tidak dapat membuat perlindungan kaki dengan cara optimal ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s