Panduan Cara Merawat Sepatu Safety agar Lebih Awet

Image result for PERLENGKAPAN KESELAMATAN KERJA DI KAPAL (PPE)

Saat ini sangat banyak grosir sepatu safety atau penjual sepatu safety lokal maupun import yang bermunculan. Namun mereka jarang sekali memberi edukasi mengenai perawatan sepatu safety tersebut. Nah, Agar sepatu safety baru yang kamu gunakan tidak cepat usang jadi diperlukan perawatan teratur terlebih dibagian yang berbahan kulit jadi akan mudah kusam & sepatu rusak, jadi diperlukan perawatan. Berikut ini beberapa tips perawatan sepatu terlebih yang berbahan kulit.

  1. Setelah dipakai upayakan selalu mengelap dibagian yang memiliki bahan kulit, atau ditambah semir apabila diperlukan.
  2. Bersihkan bagian bawah sole apabila ada kotoran yang menempel, terutama sole yang berbahan PU (polyurethane), karena sole ini memiliki bahan peka dan memiliki kadaluwarsa hingga apabila tidak rajin membersikannya maka solenya akan cepat rusak/hancur.
  3. Lakukan penyemiran dan penyiktan sole lewat cara berkala sampai membuat perlindungan susunan kulit tetaplah terbangun dan tidak jadi kaku dan melindungi sole tetaplah bersih.
  4. Angin-anginkan saja agar sepatu tidak lembab dan berjamur. Jangan sampai mengelap sepatu kulit dengan memakai air! gunakan bahan lembut untuk mengelapnya.
  5. Simpanlah sepatu di tempat yang kering dan tidak lembab, dan jauhi menjemur sepatu di bawah cahaya matahari segera.
  6. Untuk sepatu memiliki bahan suede sesungguhnya hampir sama saja dengan bahan kulit tetapi sepatu memiliki bahan ini dapat dibersihkan lewat cara menyikat walau demikian memakai sikat khusus yang lembut atau dengan juga pembersih semprot khusus untuk bahan suede, misalnya leather cleaner buatan cololite.
  7. Khusus untuk sepatu safety jakarta kulit yang berwarna putih, dapat di lap dengan memakai odol putih sampai rata agar kulit sepatu tidak pecah-pecah dan lebih awet dan warnanya selalu putih bersih dan tidak kusam.
  8. Pakai ganjalan dalam sepatu membuat perlindungan bentuk, kamu dapt membelinya di toko sepatu atau di supermarket, apabila tidak miliki kamu mungkin memakai potongan kertas Koran yang sudah kamu bentuk sesuai sama bentuk muka sepatu.
  9. Untuk menghindar agar sepatu tidak berbau, jangan sampai memakai sepatu dengan kondisi kaki yang tengah basah, hal sejenis ini dapat menyebabkan bakteri berkembang dan selanjutnya sepatu kamu jadi berbau tidak enak.
  10. Untuk kamu yang memiliki persoalan kaki yang selalu berkeringat, sebaiknya bersihkan dan keringkan kaki kamu sebelum memakai sepatu.
  11. Untuk lebih terbangun aroma sepatu, gunakan obat khusus berupa semprotan pewangi atau foot spray dibagian dalam sepatu, lalu janganlah selekasnya di pakai, selekasnya angin-angikan agar kering.
  12. Apabila bagian sepatu ada yang lepas, rekatkan kembali dengan lem super atau aica aibon atau dibawa ke tukang repair sepatu agar rusaknya tidak lebih kronis.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa para pembaca terapkan untuk merawat sepatu safety kamu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s