Mengenali Macam dan Pentingnya Safety Gear Saat Berkendara

Hasil gambar untuk safety gear motorcycleSekitar 90 % dari kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Indonesia dikarenakan oleh faktor manusia. Fakta itu setidaknya sedikit mengingatkan kalau kita masih tetap sering lupa akan keselamatan diri sendiri serta orang lain saat berkendara. Untuk keselamatan bersama, saat ini yaitu saat yang tepat untuk memprioritaskan prinsip safety riding dalam aktivitas sehari-hari.

Sebagai smart biker, kita harus memahami kalau prinsip berkendara tidak cuma safety riding dengan mematuhi ketentuan jalan raya yang berlaku. Dalam arti roda dua, di kenal yang namanya safety gear. Safety gear sendiri yaitu peralatan keselamatan yang idealnya selalu dipakai ketika kita menunggangi si kuda besi, salah satu contoh safety gear yaitu helm, jaket, sarung tangan, sepatu safety jakarta dll.

Biker bisa saja memikirkan kalau Biker mustahil terjatuh saat mengendarai sepeda motor karena ketrampilan yang dipunyai. Namun yakinlah, tindak antisipasi selalu lebih baik daripada menyepelekan ganasnya keadaan jalanan saat ini yang makin semrawut. Nah, ingin tahu safety gear itu dan manfaatnya apa sajakah? Simak penuturannya:

Helm
Peralatan yang satu ini hukumnya harus dipakai saat mengendarai motor, kapanpun dan di manapun! Pastikan helm yang Biker pakai telah berstiker SNI atau DOT (Departement of Transportation). Ini artinya helm yang Biker pakai telah berstandar nasional dan telah melalui beberapa bagian pengujian. * Pastikan helm yang Biker gunakan dalam keadaan paling baik. Tujuannya, pastikan visor helm tidak memiliki goresan yang bisa mengganggu visibilitas atau busanya telah tidak tebal. Pastikan juga helm yang Biker beli tidak mengganggu pendengaran saat dipakai.

  • Ketika beli helm pastikan juga kulit terluar/batok helm. Helm dengan banderol harga lebih mahal biasanya memiliki kulit terluar berbahan fiberglass atau kombinasi plastik. Walau termasuk enteng, helm itu cukup kuat dan dapat meredam bentrokan keras.
  • Pastikan juga kulit terluar helm sediakan ventilasi dan di desain dengan rencana aerodinamis. Tujuannya sudah pasti untuk kurangi kebisingan dan desakan angin saat berkendara motor.
  • Pilih helm yang betul-betul cocok di kepala Biker, janganlah terlalu kecil atau kebesaran. Helm yang terlalu kecil biasanya akan bikin kepala kita pusing karena desakan didalam helm terlalu besar. Sesaat helm yang terlalu besar juga beresiko karena akan tidak memberi perlindungan prima saat terjadinya bentrokan.
  • Selalu pastikan pengaman helm terkunci dengan rapat sebelumnya berkendara. Biasanya hal semacam ini ditandai dengan bunyi “klik” pada pengaman helm yang artinya helm itu telah terkunci dengan benar. Hal ini dapat menghindar helm bergerak ke sana kemari saat dipakai.
  • Pelindung Mata. Pelindung mata di sini dapat berbentuk visor pada helm, atau kacamata. Yang pasti, pastikan pelindung mata Biker bersih dan tidak memiliki goresan. Pasalnya, visor atau kacamata dengan goresan/retak, dapat mengganggu visibilitas Biker saat berkendara.
  • Bila cuaca tengah cerah, sebaiknya pilih visor atau kacamata yang sedikit gelap. Sesaat bila cuaca mendung (hujan) atau Biker berkendara ketika malam hari, sebaiknya pakai visor atau kacamata transparan.

Jaket
Manfaat jaket untuk biker sangat besar, tidak cuma saja membuat perlindungan badan dari bentrokan benda keras bila terjadi kecelakaan, namun juga membuat perlindungan badan dari terpaan angin, debu/kotoran, bahkan juga untuk masalah style/style meskipun. Bedanya, jaket motor biasanya di desain lebih tebal di bagian siku tangan namun tetaplah memiliki ventilasi hawa yang cukup saat digunakan. Diliat bermaterial/berbahan, jaket motor ada yang memiliki bahan kulit, sintetik, parasut, dan memiliki bahan jins. Keempatnya memiliki keunggulan dan kekurangan semasing. Jaket kulit misalnya, sangat pas dipakai ketika cuaca panas ataupun dingin, tidak tembus angin, namun mudah menyebabkan bau yang kurang enak.

Sarung Tangan
Sarung tangan motor dipakai membuat perlindungan tangan Biker dari cidera saat terjatuh. Refleks basic manusia untuk menahan dengan tangan ketika terjatuh jadi penyebabnya terjadinya cidera kronis pada tangan. Diluar itu, sarung tangan juga berperan untuk melindungi tangan tetaplah hangat pada musim dingin/hujan dan melindungi tangan tetaplah kering ketika musim panas, karena keringat kerapkali menyebabkan slip saat menarik gas motor.

Celana Panjang
Peralatan keselamatan yang satu ini bisa jadi buat kita sangat malas memakainya. Namun bila Biker telah kenakan helm, sarung tangan, dan jaket untuk perlindungan badan, rasa-rasanya kurang komplit bila tidak dibarengi dengan celana panjang. Sama dengan jaket, celana panjang biker biasanya di desain dengan bahan tertentu dan condong lebih tebal dibagian dengkul. Terdapat beberapa pilihan celana panjang biker yang menarik saat ini, hingga Biker dapat tetaplah tampil sporty atau kasual.

Sepatu Safety
Salah satu komponen safety gear yang satu ini manfaatnya sangatlah terang yakni membuat perlindungan kakidari cidera. Biasanya sepatu safety biker di desain seperti sepatu boot membuat perlindungan pergelangan kaki/ankle dan jari saat terjatuh.

Pelindung Tulang Kering
Karena kaki biasanya jadi salah satu anggota badan yang seringkali memperoleh cidera saat terjatuh dari motor, maka lumrah bila peralatan yang perlu digunakan di ruang kaki cukup banyak. Pelindung tulang kering/shin guards biasanya terbuat berbahan plastik yang cukup keras dan dipasang di sekitar ruang tulang kering.

Nah, tersebut safety gear atau peralatan keselamatan untuk ingindara sepeda motor yang pemakaiannya kerapkali kita abaikan. Namun, safety gear pada intinya hanya meminimalkan cidera saat terjadi kecelakaan atau ketika terjatuh dari motor. Tingkah laku kita sebagai smart bikers yang selalu patuh ketentuan, tidak ugal-ugalan, dan dapat melindungi emosi saat di jalan, lebih menguasai menyelamatkan kita saat di jalan. Keep safety riding

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s