SUMBER-SUMBER BAHAYA DI AREA KERJA

Related imageKita semua tahu apakah itu bahaya dan beberapa jenis bahaya ditempat kerja namun kecelakaan dan penyakit akibat kerja masihlah saja terjadi di lingkungan kerja kita. Kenapa hal semacam ini terjadi karena adanya sumber-sumber bahaya di lingkungan kerja kita seperti ;

  1. Tempat kerja seperti bangunan, perlengkapan dan instalasi
  2. Bahan
  3. Proses
  4. Cara Kerja
  5. dan Lingkungan Kerja.

Mari kita ulas sumber-sumber bahaya ditempat kerja seperti yang sudah saya katakan diatas.

1. Bahaya yang datang dari bangunan, perealatan dan instalasi

Konstruksi bangunan harus kokoh dan penuhi prasyarat. Design ruang dan tempat kerja harus baik. ada penerangan darurat yang diperrlukan. jalan dan gang harus di beri marka yang pasti. pada tempat yang memerlukan dipasang rambu sesuai kepentingan. ada jalan penyelamatan diri yang diperlukan kian lebih satu pada segi yang berlawanan. pintu harus buka keluar untuk memudahkan penyelamatan diri.

Instalasi harus penuhi kriteria keselamatan kerja abik dalam disain ataupun konstruksi. sebelumnya pemakaikaan harus diuji terlebih dulu dan di check oleh suatu tim pakar. bila diperlukan modifikasi harus sesuai sama kriteria bahan dan konstruksi yang ditetapkan. sebelumnya operasi harus dilakukan percobaan operasi untuk menanggung keselamatannya dan dioperasikan oleh operator yang penuhi prasyarat.

Dalam industri dipakai beragam perlengkapan yang memiliki kandungan bahaya. Jika tidak dipakai dengan harusnya dan tidak diperlengkapi dangan alat pelindung dan penaman, perlengkapan itu dapat menyebabkan beberapa macam bahaya seperti ;

  • kebakaran
  • sengatan listrik
  • ledakan
  • luka-lika da codera yang cukup serius

Agar perlengkapan ini aman digunakan maka perlu pengaman yang sudah ditata oleh perundang-undangan di bagian keselamatan kerja, untuk perlengkapan uang rumo cara pengoperasiannya perlu disiapkan sejenis petunuk sebagai daftar check atau check daftar pengoperasiannya

2. Bahaya yang datang dari bahan

Bahaya berbahan ini mencakup beragam kemungkinan sesuai sama karakter berbahan, diantaranya ;

  • mudah terbakar
  • mudah meledak
  • menyebabkan alergi
  • menyebabkan rusaknya pada kulit dan jaringan badan
  • mengakibatkan kanker
  • menyebabkan kelainan pada janin
  • berbentuk beracun
  • radioaktif

Selain kemungkinan berbahan yang tidak sama juga intensitas atau tingkat bahayanya juga tidak sama. Ada yang tingkatnya sangat tinggi dan ada juga yang rendah, misalnya dalam soal bahan beracun, ada yang sangat beracun yang bisa menyebabkan kematian dalam kandungan yang rendah dan dalam tempo yang singkat dan ada juga yang kurang beresiko. Selain itu pengaruhnya ada yang selekasnya dapat diliat atau akut namun ada pula yang pengaruhnya baru kita kenali setelah bertahun-tahun yang dapat dimaksud juga kritis. Oleh karenanya setiap pimpinan perusahaan harus tahu karakter bahaya yang dipakai hingga dapat mengambil beberapa langkah untuk menghindar terjadinya kecelakaan dan sakit akibat kerja yang bisa sangat merugikan untuk perusahaan.

Setiap bahan kimia beresiko harus diperlengkapi dengan lembar data kimia atau MSDS. Lembar data kimia ini dapat disuruh pada penyuplai dengan memasukkannya dalam kontrak pembelian bahan atau dapat juga dibuka di database MSDS seperti chamwatch.

3. Bahaya yang datang dari proses

Bahaya yang berasal dair sistem sangat beragam bergantung tehnologi yang dipakai. Sistem yang dipakai di industri ada yang sederhada namun ada sistem yang rumit ada sistem yang beresiko dana da juga sistem yang kurang beresiko. industri kimia biasanya memakai sistem yang memperbsar kemungkinan bahayanya, dari sistem ini terkadang muncul asap, debum padas m bising dan bahaya mekanis seperti terjepit, terpotong, tertimpa bahan hingga dinyatakan kecelakaan atau sakit akibat kerja. Dalam sistem banyak beberapa bahan kimia yang dipakai sebagai bahan baku dan bahan penolong. ada bahan kiia yang disebut hasil sambilan, beberapa bahan itu termasuk bahan kimia beresiko seperti mudah terbakar, meledak, iritan, beracun dll. Taraf ingustri kimia cenderong makin besar untuk mengingkatkan efisiensi dan mengatur biaya, tetapi hal ini dapat menyebabkan peluang munculnya bencana apabila terjadi kegagalan operasi normal. Beberapa malapetakan industri pernah terjadi dengan korban uang besar baik pada kibawa manusia, aset perusahaan dan lingkungan.

4. Bahaya dari cara kerja

Bahaya dari cara kerja dapat membahayakan karyawan itu sedini dan orang lain di sekelilingnya, cara kerja yang sekian diantaranya :

  • Cara mengakat dan mengangkut, jika dilakukan lewat cara yang salah dapat menyebabkan cidera dan yang seringkali yaitu cidera pada tulang punggung, juga sering terjadi kecelakaan sebagai akibar cara mengagkat atau mengangkut.
  • Cara kerja yang menyebabkan hamburan debu dan serbuk logam, periciakan api dan tumpahan bahan beresiko.
  • Memakai alat pelindung diri seperti sepatu safety yg tidak harusnya dan cara memakai yang salah,
  • Penyelia perlu memerhatikan cara kera yang bisa membahayakanini, baik pada tempat kerja ataupun dalam pengawasan proses pekerjaan keseharian.

5. Bahaya yang datang dari lingkungan kerja

Sumber bahaya ini dapat dikelompokkan atas beragam type bahaya yang bisa menyebabkan berabagai masalah kesehatan dan enyakit akibart kerja dan penurunan produktifitas dan efisiensi kerja.

Dengan tahu sumber-sumber bahaya ditempat kerja ini, kita telah dapat menghadapi datangnya bahaya itu dan tidakan mencegah dan mengambil keputusan ingindalian agar beberapa pekerja tidak alami kecelakaan yang disebabkan oleh bahaya-bahaya yang sudah kita identifikasi sebelumnya dan bikin tempat kerja kita jadi tempat yang aman dan sehat untuk bekerja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s