Pemahaman Tentang Material Safety Data Sheet

Pemahaman Terhadap Material Safety Data Sheet

Cara memahami material safety data sheet atau MSDS untuk beberapa orang mungkin termasuk sulit karena di dalamnya terdapat banyak istilah yang sulit dipahami untuk orang yang bukan dibidangnya. Walau sulit, mengerti MSDS atau yang di Indonesia di kenal dengan Lembar Data Keselamatan Kerja (LDKK) sangat penting yang menyangkut tentang sebagian ketentuan dan ketetapan untuk menanggung keselamatan di lingkungan kerja.

Pentingnya MSDS untuk dipahami untuk semua pekerja yang ikut serta makin menekan karena berdasar pada data yang di ambil dari perusahaan perminyakan, sejumlah 60% kecelakaan kerja karena sebab human error atau karena keteledoran manusia. Tersebut disini yang harus Kamu tahu tentang cara mengerti material safety data sheet.

Apakah itu material safety data sheet?

Untuk tahu cara mengerti material safety data sheet pasti Kamu harus tahu apa yang disebut dengan MSDS. MSDS adalah suatu dokumen yang diisi tentang potensi bahaya yang mencakup kesehatan, kebakaran, reaktifitas serta lingkungan, dan cara bekerja dengan aman ketika berhubungan dengan bahan kimia. Kamu dapat memperoleh info yang komplit tentang prosedur keselamatan kerja yang aman ketika bekerja dengan sebuah materi. MSDS juga diisi tentang info pemakaian, penyimpanan, perlakuan, dan prosedur darurat yang berhubungan dengan materi bahan kimia.

Kenapa material safety data sheet penting untuk dipahami?

Kamu mungkin berasumsi kalau yang perlu mengerti MSDS yaitu di level manjaerial atau instruktur dan memberi pengarahan pada karyawan di bawahnya. Walau sebenarnya malah karyawan pekerja lah yang paling banyak berhubungan dengan material dan bahan kimia hingga malah harus yang paling memahami di banding karyawan tingkat yang lain. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya kalau 60% penyebab kecelakaan yaitu akibat kelelaian dari pekerjanya. Kelalaian ini diantaranya karena sebab ketidakpahaman pekerja akan MSDS sebagai standard untuk K3 perusahaan.

Arti penting dari cara mengerti material safety data sheet yaitu menumbuhkan dan tingkatkan rasa tanggung jawab akan keselamatan sendiri dan orang lain ketika berada didalam lingkungan kerja yang dikelilingi oleh bahan kimia beresiko dan beracun. Mengerti MSDS Kamu dapat mengerti nama dan beberapa karakter bahan kimia yang ada di lingkungan kerja hingga tahu bagaimana caranya perlakuannya yang tepat. Sebenarnya dari 100. 000 lebih bahan kimia yang ada di bumi ini, baru 15% saja yang di ketahui dengan cara tentu memiliki efek beresiko untuk manusia. Sekurang-kurangnya dengan mengerti MSDS, Kamu dapat berperilaku lebih bijak ketika bekerja dengan beberapa bahan kimia karena mungkin memberi efek yang negatif tanpa ada di ketahui sebelumnya.

Isi dokumen MSDS

Cara mengerti material safety data sheet yaitu dengan membaca nama kimia yang terdapat dalam label lalu cocokkan dengan yang ada di MSDS. Kamu akan memperoleh info tentang bahayanya, panduan perlakuan, cara penyimpanan yang tepat serta cara perlakuan saat dalam keadaan darurat. Menurut ketentuan pemerintah no. 74 th. 2001, perusahaan atau individu yang menghasilkan atau memakai bahan beresiko dan beracun (B3) harus untuk memiliki MSDS. Tersebut disini isi dari MSDS :

  • Jati diri bahan dan nama perusahaan
  • Komposisi bahan yang dipakai untuk produksi
  • Identifikasi bahaya dari semasing bahan
  • Aksi darurat
  • Tatacara penanggulangan jika terjadi kebakaran
  • Tatacara menangani kebocoran atau bahan tumpah
  • Penyimpanan dan cara mengatasi bahan
  • Alat pelindung diri seperti sepatu safety dll
  • Karakter fisika dan kimia termasuk reaktivitas
  • Info toksikologi dan ekologi
  • Prosedur pembuangan limbah
  • Dan info penambahan yang lain.

Diinginkan untuk Kamu yang bekerja dengan bahan beresiko dan beracun dapat mengerti prosedur keselamatan dengan memerhatikan cara mengerti material safety data sheet.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s