Standard Internasional Rambu Keselamatan dan Kesehatan Kerja

warning signSebagai Professional K3, Pemakaian Simbol dalam rambu-rambu K3 sangat penting untuk komunikasi ketentuan maupun panduan di ruang tertentu. Oleh karenanya, setiap professional K3 harus memahami mengenai arti dari warna dan bentuk yang dipakai dalam pembuatan rambu K3.

International Standard Organization (ISO) sudah bikin standard internasional khusus yang digunakan dalam pembuatan rambu K3. Standard ini sangat penting mengingat orang-orang dari beragam jenis asal dan latar belakang harus tahu mengenai arti dari sebuah rambu K3 di manapun rambut itu berada.

Tersebut disini standard internasional khusus berkaitan dengan rambu K3 :

Rambu Peringatan

Rambu peringatan dipakai untuk memperingatkan tehadap bahaya-bahaya yang bisa menyebabkan luka atau masalah kesehatan. Rambu itu berupa segitiga dengan garis luar hitam dan kuning sebagai warna latarnya. Selain pemasangan rambu, penggunaan alat pelindung juga sangat penting perannya untuk meminimalisir resiko bahaya seperti penggunaan pakaian keselamatan, helm keselamatan, sepatu safety dsb.

Rambu Larangan

Rambu larangan dipakai untuk melarang hal yang bisa menyebabkan resiko keselamatan atau kesehatan. Rambu larangan berupa lingkaran dengan garis luar dan garis diagonal berwarna merah dibarengi dengan lambang hitam diatas warna latar putih.

Rambu Perintah 

Rambu perintah dipakai untuk tunjukkan perintah yang bisa menghapus atau kurangi resiko pada keselamatan dan kesehatan kerja. Rambu perintah berupa lingkaran dengan latar belakang biru dan lambang berwarna putih

Rambu Tanggap Darurat

Rambu tanggap darurat dipakai untuk tunjukkan sarana, perbuatan maupun perlengkapan yang bisa menyelamatkan pekerja dalam keadaan kritis darurat. Rambu tanggap darurat berupa sisi empat dengan warna latar hijau dan lambang berwarna putih

Rambu Tanggap Kebakaran

Rambu tanggap kebakaran dipakai untuk tunjukkan sarana berkaitan dengan tanggap kebakaran. Rambu tanggap kebakaran berupa sisi empat dengan warna latar merah dan lambang berwarna putih yang dibarengi gambar api berwarna putih di segi kanan rambu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s