Mengenal Beragam Jenis Sepatu Safety

Image result for Sepatu Safety Murah

Memakai alas kaki yang tepat saat bekerja di lingkungan yang penuh dengan resiko bahaya yang tinggi sangat penting. Melindungi kaki saat bekerja dapat mengurangi dan mencegah dari cedera yang mungkin timbul. Dengan alas kaki atau sepatu safety dapat membuat lingkungan kerja yang lebih aman. Sepatu safety harus memiliki durability yang cukup lama dan yang terutama harus dapat membuat perlindungan kaki dari bahaya atau kecelakaan.

Beberapa orang condong berasumsi kalau memakai sepatu safety itu tidak nyaman. Tetapi saat ini banyak produsen sepatu safety sudah membuat sepatu safety yang bukan sekedar memberi perlindungan serta nyaman digunakan.

Ada Banyak Type yang tidak sama dari sepatu safety yang ada saat ini. Mari kita ketahui beberapa type sepatu safety menurut manfaat pada type lingkungan kerjanya.

· Electric Hazard Shoes

Untuk pekerja yang bekerja dengan listrik, piranti listrik, kabel dan tegangan tinggi diharuskan memakai sepatu type ini. Sepatu safety ini di buat dengan perlindungan yang menolong kurangi potensi sengatan listrik saat terserang piranti dtegangan tinggi dan listrik. Bahaya listrik biasanya dapat mengakibatkan kematian.

· Metatarsal Shoes

Sepatu type ini yaitu sepatu safety yang sudah dengan cara khusus didesain dan di buat membuat perlindungan bagian atas kaki dan tulang. Type sepatu safety ini dapat kurangi dan menghindar cedera dari kecelakaan – kecelakaan yang terjadi karena jatuhnya alat atau benda berat jatuh pada kaki. Biasanya digunakan dilokasi pekerjaan konstruksi atau pekerjaan yang melibatkan mengangkat benda, alat dan mesin yang berat.

· Metal Instep Shoes

Sepatu Type ini didesain khusus membuat perlindungan dan melindungi kaki dari benda – benda tajam dan runcing seperti pecahan kaca, serpihan logam, paku dan lainya. Pekerja yang bekerja di pabrik – pabrik industri pembuat mesin, logam, dan benda – benda kaca biasanya memakai sepatu safety type ini untuk menghindar bendan tajam menembus kaki yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

· Steel Insole shoes

Sepatu keselamatan type ini memakai sisipan baja didalamya untuk melindungi dan membuat perlindungan kaki dari permasalahan sendi yang biasanya terjadi pada pekerja yang bekerja mengendarai sepeda, mendorong pedal dan mengendarai alat berat yang memiliki resiko menanggung derita permasalahan kaki itu. Sepatu ini melindungi stabilitas kaki dan terhindar dari pergeseran atau gerakan sendi dan tulang kaki hingga sepatu safety type ini cukup nyaman dipakai saat bekerja.

· Safety Toed Shoes

Ini yaitu type yang sangat umum dari type sepatu safety dengan coating khusus didaerah kaki dan ditutup dengan bahan khusus untuk melindungi jari-jari kaki dari kecelakan. Pekerja yang bekerja di pabrik – pabrik di mana bahan – bahan industri yang berat dan perlengkapan yang dipakai satu hari – hari biasanya memakai type sepatu safety boot ini.

Terdapat beberapa type sepatu safety lainya sesuai manfaat pemakaianya dalam suatu pekerjaan yang tidak sama. Seperti sepatu tahan air atau tahan panas yang biasanya dipakai di dalam hadapi api dan mesin yang terlalu panas seperti pekerjaan pengelasan. Kecelakaan kaki dapat terjadi, setiap saat oleh karenanya sangat penting untuk pekerja untuk memakai sepatu safety yang tepat saat bekerja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s