Cara Menghindari Kecelakaan Saat Berkendara Di Jalan Raya

Related image

Seringkali sebagai pengendara lupa akan keselamatan dianya ketika berkendara di jalan raya, sudah pasti selain memprioritaskan maksud kita harus juga memprioritaskan keselamatan saat berkendara. Nah teman dekat otosemi, tingkat kecelakaan yang ada di Indonesia khusus untuk jalan raya sangat tinggi baik itu yang tabrakan, menabrak, Jatuh dan lain sebagainya. Banyak aspek mengapa dapat terjadi kecelakaan yang tentu yakni dari pengendaranya sendiri keadaan badan yang kurang Fit, lalu keteledoran dan Agresif saat berkendara dan ada banyak yang lain. Karenanya kita harus juga memahami bagaimana caranya aman untuk berkendara, silakan baca terlebih dulu di artikel saya tentang cara aman berkendara. Nah kemudian kita lanjut ke Tips bagaimana hindari Kecelakaan di jalan Raya.

1. Cek keadaan kendaraan anda

Yang pertama yakni dengan mengecek keadaan kendaraan kamu baik itu Mobil ataupun Motor, pastikan kendaraan kamu keadaannya sehat dan tidak terjadi apa-apa, baik kerusakaan pada komponen mesin serta komponen yang lain. Janganlah lupa juga untuk mengecek keadaan di bagian ban kendaraan kamu. Apakah telah tidak tebal atau kempes, bila kempes maka silakan isi angin terlebih dulu bila akan kamu bawa untuk berkendara, setelah itu cek pada keadaan Pengereman motor, apakah masihlah serat atau telah loss, bila loss mending kamu bawa terlebih dulu ke bengkel untuk di ubah dengan rem kampas yang baru hingga pengereman dapat maksimal ketika berada di jalan raya.

2. Tetapkan posisi terbaik

Lalu yang ke-2 yakni dengan memastikan posisi paling baik ketika kamu mengemudi di jalan raya, posisi yang salah dapat bikin kamu tidak nyaman dan bikin badan kamu merasa lelah hingga dapat menyebabkan kram serta letih, ini yang paling beresiko dan kamu paksakan untuk tetaplah menggerakkan kendaraan kamu. Posisi yang baik sesuai sama ketentuan yang ada di Buku tips berkendara baik itu mobil serta motor. Bila kamu memakai motor, alangkah lebih sebaiknya kamu duduk lewat cara tegap, kepala kedepan, lalu ke-2 kali membuat siku 90 derajat tanpa ada harus buka kedalam leher motor atau buka lutut lebih lebar. Bila kamu memakai Mobil pastikan posisi duduk kamu telah nyaman, janganlah duduk miring atau terlalu nyantai.

3. Jagalah kesehatan mata anda

Untuk kamu yang sukai pergi jauh baik itu ke tempat kerja atau selalu memakai kendaraan untuk ke tempat maksud kamu maka lebih sebaiknya kamu harus melindungi kesehatan mata kamu, mata sangat penting untuk lihat keadaan jalan raya yang ada di depan kamu, karenanya selain melindungi keadaan mata lewat cara janganlah tidur terlalu larut malam atau bergadang dapat juga meminum Juice wortel yang memiliki kandungan Vitamin A dan pas untuk bikin mata kamu terlihat lebih jernih, bila kamu memakai motor dan buka helm pasti mata kamu akan terserang debu, lebih baik kamu membawa obat mata bila setiap saat kamu membutuhkannya telah siap sedia.

4. Paskan kaca spion dengan posisi yang tepat

Lalu yang ke empat yakni dengan menyetel posisi kaca spion dengan terang hingga tepat ketika kamu lihat kaca spion telah menghadap ke belakang, hingga kamu lebih mudah lihat keadaan jalan raya yang ada di belakang kamu baik itu mobil yang lewat, motor, orang lain sebagainya, karena kaca spion ini berperan sangat penting untuk keamanan kamu terutama untuk beberapa pengendara.

5. Pakai sabuk pengaman

Nah ini yang biasanya sangat banyak di langgar oleh anak muda yang mengendarai Mobil, yakni tidak mau memakai sabuk pengaman, walau sebenarnya sangat penting sekali memakai sabuk pengaman untuk keamanan berkendara, satu diantaranya bila terjadi apa-apa ketika kamu dijalan raya maka sabuk pengaman ini akan menahan tubuh kamu agar tidak terbentur ke depan, pikirkan saja bila kamu tidak memakai sabuk pengaman apa yang akan terjadi? Pasti sangat fatal bukan? Selain sabuk pengaman penggunaan sepatu safety juga sangat penting, untuk mencegah resiko yang bisa terjadi terhadap kaki anda.

6. Tetaplah konsentrasi

Lalu yang ke enam yakni tetaplah konsentrasi dan konsentrasi ke depan, karena ketika berkendara bila juga tidak paham beberapa hal apa sajakah yang akan terjadi, terutama biasanya sangat banyak orang yang menyebrang jalan tanpa ada lihat kanan kiri hingga mungkin saja terjadi suatu hal yg tidak kita kehendaki, bila kita tetaplah Konsentrasi dan konsentrasi maka beberapa hal jelek seperti itu dapat terhindari dengan baik. Janganlah lupa minum dan makan yang cukup terutama untuk kalian yang berkendara ke tempat yang jauh. Dengan melindungi konsentrasi maka kamu akan tetaplah aman di jalan raya.

7. Antisipasi dengan lalu Lintas

Lalu yang ketujuh yakni tetaplah antisipasi dengan kondisi jalan raya sekitar, jangan pernah jalan raya di sekitar kamu alami pergantian kamu sekalipun tidak tahu, karenanya tetaplah Konsentrasi dan antisipasi dengan jalan raya yang ada. Jadilah pengemudi yang bijak dan mementingkan keselamatan keluarga kamu.

8. Janganlah menjalankan Smartphone

5 Rutinitas Jelek Yang Sering Dilakukan Pengendara Jalan RayaKemudian yang kedelapan hal yang paling di larang untuk beberapa pengendara baik pengendara mobil serta motor yakni janganlah sekali-kali menjalankan Ponsel ketika kalian berkendara, itu sangat tidak baik untuk keselamatan kalian, lebih baik matikan hp kalian dan tetaplah Konsentrasi dengan jalan raya yang ada didepan kalian, kerapkali penyebab terjadinya kecelakaan karena kelalaian beberapa pemakai jalan yang lebih mementingkan smartphone daripada keselamatan dianya di jalan raya.

9. Jagalah jarak

Lalu yang kesembilan yakni lewat cara jagalah jarak dengan kendaraan yang ada di depannya, tak tahu sangat banyak pengendara kususnya mobil yang belum tahu bagaimana pengukuran jarak di depannya, memang itu hal umum untuk beberapa pengendara mobil yang masihlah baru atau pemula. Nah karenanya kuasai terlebih dulu bagaimana caranya jagalah jarak dengan pengemudi Lain yang ada di depan hingga tidak terjadi yang namanya tabrakan dari belakang, meskipun tidaklah terlalu beresiko tetapi merugikan kedua belah pihak juga. Ingat, penggunaan sepatu safety boot saat berkendara sangat berperan penting untuk melindungi keselamatan pengendara.

10. Patuhi rambu- rambu lalu lintas

Lalu yang paling akhir yakni kamu harus mematuhi rambu-rambu jalan raya yang ada, bila tandanya lampu merah maka kamu harus pantas dan harus segera berhenti, biasanya banyak pengendara motor ataupun mobil yang memakai peluang untuk cepat menerobos lampu merah karena menurut mereka di sekelilingnya telah sepi pegendara, walau sebenarnya kita belum tahu tentu mungkin pengendara yang mengendari motor dengan kencang dan terjadi tabrakan, atau dapat juga waktunya untuk beberapa penyebarang jalan lewat kamu jadi menerobos, itukan sangat beresiko, lebih baik adil dan patuhi jalan raya yang ada hingga semua akan aman-aman saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s