Agar Karyawan Mau Memakai Alat Pelindung Diri (APD)

alat pelindung diri

Tujuan dari menggunakan alat pelindung diri (APD) yaitu untuk melindungi karyawan. Selain itu sebagai usaha mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit kerja dari potensi bahaya yang ada di perusahaan. Karyawan yang sehat akan memberikan kinerja terbaiknya. Produktivitas meningkat dan perusahaan mengalami perkembangan.

Karena pentingnya memakai alat pelindung diri, perusahaan melalui departemen safety health and environment (SHE) menggalakan pemakaian alat pelindung diri (APD). Departemen ini bertanggungjawab untuk sediakan APD yang sesuai dan melatih cara memakainya pada semua karyawan.

Tetapi walaupun pun telah ditraining, disiapkan APD yang ideal, masihlah saja ada karyawan yang membandel ; Masihlah saja didapati karyawan yg tidak memakai APD. Bila pun digunakan, penggunaannya tidak harusnya. Misalnya sepatu safety digunakan sembari diinjak, masker hanya menyangkut di mulut ; hidung masihlah terlihat dan lain sebagainya.

Bila di tanya maksud dan faedahnya, mereka ketahui semua. Bila di tanya kemungkinan tidak memakai APD mereka ketahui juga. Tetapi mengapa mereka tidak ingin memakai APD dengan benar keluar alasan yang jenis – jenis : belum punya kebiasaan. Tidak leluasa dalam bekerja, repot dan lain sebagainya. Jadi untuk membiasakan beberapa karyawan ini perlu dilakukan cara – cara yang efisien.

Pada tulisan kesempatan ini kami ingin sharing beragam cara agar karyawan ingin memakai alat pelindung diri (APD) , terlebih yang masihlah membandel. Ada pun cara- langkahnya seperti berikut :

1. Pemberian sanksi

Cara yang pertama dapat dilakukan yaitu dengan memberi sanksi. Sanksi berbentuk pengeluaran surat peringatan (SP). Bila ada yg tidak memakai alat pelindung diri, segera diberikan SP 1.

Keunggulan langkah tersebut yaitu cukup efisien. Demikian diaplikasikan, maka karyawan dan merta memakai alat pelindung diri. Mereka takut terkena sanksi bila tidak memakainya. Tetapi kekurangannya yaitu karyawan memakai alat pelindung diri bukanlah karena kesadarannya, tetapi karena takut. Demikian tak ada safety officer atau atasannya, mereka selekasnya melepas APD – nya. Untuk yang akan datang langkah tersebut tidak baik. Langkah tersebut cukup baik hanya untuk periode pendek, namun untuk tidak periode panjang.

2. Di buat malu

Cara kedua yaitu dengan bikin malu beberapa karyawan yang didapati tidak memakai alat pelindung diri. Langkahnya yaitu setiap didapati karyawan yg tidak memakai APD, segera difoto oleh safety officer atau atasannya. Kemudian fotonya diciptakan dan dipajang ditempat – tempat umum yang mudah terlihat. Janganlah lupa untuk memberikan kata – kata “contoh karyawan yg tidak memakai APD”. Dibanding cara pertama ini lebih efisien lagi. Dari sini karyawan mulai mikir – mikir. Lebih baik “repot – repot” memakai APD, daripada memikul malu karena fotonya di pajang ditempat umum.

3. Di ajak turut pikirkan inspirasi perbaikan

Cara paling akhir yaitu dengan berikan “hukuman” pada beberapa pelanggar – yg tidak memakai APD – untuk memberi inspirasi – inspirasi perbaikan untuk perusahaan. Ditempat kami, setiap pelanggaran mereka harus memberi 5 (lima) buah inspirasi perbaikan (untuk jumlah inspirasi perbaikan dapat sesuai dengan keadaan perusahaan masing – masing). Dan bila nyatanya inspirasi perbaikan ini memberi manfaat pada perusahaan maka mereka pun memperoleh penghargaan dari perusahaan.

Dari ketiga cara diatas, menurut pengalaman kami cara yang ke-3 yaitu cara yang paling efisien. Sekilas hukuman ini tidak “kejam” untuk beberapa pelanggarnya. Tetapi dibanding dengan ke-2 hukuman sebelumnya, ini tambah lebih berat. Untuk beberapa karyawan memberi inspirasi – inspirasi perbaikan tambah lebih sulit dibanding dengan di beri sanksi atau photo berwajah dipampang. Tetapi di segi lain memberi manfaat yang besar untuk karyawan dan perusahaan. Dan sudah pasti sistem – sistem pembangunan kesadaran untuk memakai alat pelindung diri (APD) ini melalui melalui poster, spanduk dan sama-sama mengingatkan tetaplah digerakkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s