Tips Merawat Safety Helmet

Image result for Tips Merawat Safety Helmet

Tahukah Kamu keadaan tertentu dapat merubah kwalitas perlindungan safety helmet yang Kamu pakai dari waktu ke waktu? Bila Kamu bekerja di ruang yang memiliki kandungan paparan seperti suhu berlebihan, cahaya matahari, atau bahan kimia, hal itu sangat berpengaruh pada kwalitas dan umur safety helmet Kamu.

Aspek-faktor yang dapat merubah saat gunakan dan kwalitas perlindungan safety helmet salah satunya :

  • Efek yang diakibatkan pada safety helmet, misalnya helm terserang jatuhan benda atau bentrokan
  • Paparan bahan kimia
  • Paparan cahaya ultraviolet (UV)
  • Penyalahgunaan safety helmet seperti pemakaian ball cap, memakai safety helmet pada posisi terbalik, sampai mengecat atau menempatkan stiker pada safety helmet.

Apabila sehari-harinya safety helmet Kamu terkena bahan kimia, cahaya UV, atau paparan berlebihan yang lain dan sering terserang bentrokan atau jatuhan benda dari atas, artinya kontrol dan pemeliharaan safety helmet harus dilakukan dengan cara teratur dan tepat agar performa safety helmet sebagai pelindung kepala berperan optimal. Safety helmet harus juga alami pergantian minimum setiap 2-5 th. sekali, bergantung type, jumlah, dan intensitas paparan.

Standard ANSI/ISEA Z89. 1-2014 tunjukkan perubahan dalam soal performa dan pengujian kriteria untuk alat pelindung kepala di bagian industri. Satu diantaranya tentang peringatan untuk pekerja dan referensi berkaitan perawatan dan pemeliharaan helm.

Baik standard ANSI, CSA, atau regulasi di Indonesia (UU Nomer 1 Th. 1970 mengenai Keselamatan Kerja), ketiganya mengharuskan beberapa pekerja untuk melakukan perawatan dan kontrol menyeluruh pada Alat Pelindung Diri (APD), termasuk safety helmet meliputi komponen-komponennya sebelumnya dipakai.

Lalu, bagaimana caranya menjaga safety helmet yang tepat? Komponen safety helmet apa sajakah yang perlu di check dengan cara teratur sehari-hari? Hal apa sajakah yang bisa dan tidak bisa dilakukan saat menjaga safety helmet? Ikuti tips berikut ini!

Tips Kontrol dan Pemeliharaan Rutin

Do’s :

  • Taruh safety helmet di ruang yang teduh, misalnya disimpan di rack penyimpanan khusus atau rack gantung yang ditempatkan di dekat pintu kantor
  • Bersihkan bagian shell (cangkang atau bagian luar helm yang keras) safety helmet dan komponen lain memakai kain lembut yang telah di celupkan ke air sabun, lalu basuh memakai air hangat
  • Check keadaan shell safety helmet adakah sinyal rusaknya, keretakan, pecah, cacat, dan lain-lain.
  • Check komponen dalam system suspensi adakah yang longgar, patah, rusak, dan lain-lain. Dianjurkan untuk ganti semua system suspensi sekurang-kurangnya setiap 12 bulan
  • Ubah safety helmet bila Kamu lihat sinyal tanda keausan, rusaknya, penyalahgunaan, atau penurunan performa safety helmet dalam menahan efek bahaya
  • Ubah safety helmet apabila shell alami pergantian warna, material mengeras dan mudah rapuh, dan penurunan performa shell
  • Ubah safety helmet bila ada rusaknya fisik atau bahkan juga rusaknya yg tidak terlihat meskipun akibat sering terserang jatuhan benda dari atas, bentrokan, atau bahaya listrik
  • Pekerja yang bekerja di lingkungan dengan tingkat paparan cahaya matahari, suhu berlebihan, atau bahan kimia harus ganti safety helmet seringkali, minimum 2 th. sekali dari pada pekerja yang berada di lingkungan lain.

Don’ts :

  • Menaruh safety helmet dibawah cahaya matahari langsung
  • Bersihkan shell memakai solvent (pelarut) karena dapat kurangi kwalitas material helm
  • Merubah, melubangi, memodifikasi, atau mengukir bagian shell dan suspensi safety helmet, terkecuali atas izin produsen helm atau perusahaan. Hal semacam ini dapat kurangi performa helm dalam menyerap surprise pukulan atau bentrokan.

Catatan : Khusus safety helmet kelas E atau G, hal itu dapat kurangi performa dalam membuat perlindungan kepala dari listrik bertegangan tinggi.

  • Tempelkan apa pun atau mengecat safety helmet terkecuali atas izin produsen helm atau perusahaan. Hal semacam ini dapat mengakibatkan kerusakan permukaan safety helmet dan kurangi efektivitas safety helmet sebagai alat pelindung.
  • Meletakkan apa pun dibawah shell safety helmet dan/atau diantara system suspensi dan shell. Hal semacam ini dapat kurangi kekuatan system suspensi dan shell dalam membuat perlindungan kepala.

Bila keadaan safety helmet teridentifikasi alami rusaknya, keretakan, keausan, dan keadaan fisik yang lain atau safety helmet masuk saat kedaluwarsa, selekasnya laporkan pada atasan Kamu agar dilakukan pergantian. Kerjakan kontrol dan pemeliharaan safety helmet dengan cara teratur sehari-hari sebelumnya mengawali pekerjaan. Selain safety helmet, masih ada beberapa alat safety lain yang harus pekerja gunakan saat bekerja untuk meminimalisir resiko terjadinya bahaya seperti penggunaan sepatu safety dll.

Semoga Berguna, Salam safety!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s