Tips Perawatan Sepatu Boots

Afbeeldingsresultaat voor perawatan sepatu boots

Baju yang modis rasa-rasanya kurang komplit apabila tidak diperlengkapi dengan sepatu yang sesuai. Selain jenis sepatu yang semakin variasi, bahan yang digunakan untuk bikin sepatu pun beragam macam. Seperti menjaga kulit, menjaga sepatu pun memiliki cara yang tidak sama bergantung pada berbahan. Simak beberapa tips berikut agar sepatu yang paling disayangi Kamu tetaplah awet.

1. Bahan Suede (Suede Material)

Suede adalah salah satu bahan sepatu yang paling popular sekaligus paling banyak dijauhi oleh beberapa pria maupun wanita. Menjaga sepatu safety suede memang cukup tricky, apabila salah merawatnya sepatu mungkin saja cepat rusak. Apabila kamu memiliki sepatu suede, belilah sikat sepatu khusus bahan suede untuk menyingkirkan noda di permukaan sepatu. Apabila terdapat noda membandel, gunakan stain-remover khusus untuk bahan suede.

Apabila temukan bercak kotor pada barang memiliki bahan suede kamu, jangan sampai memakai air untuk bersihkan hanya bagian yang memiliki bercak itu namun bersihkan semua permukaan benda memakai sikat suede dan sedikit air manfaat menghindar pergantian warna.

Untuk singkirkan bercak noda yang memiliki kandungan garam, misalnya dari makanan atau minuman, gunakan sedikit cuka. Bau cuka mungkin akan bertahan selama periode waktu tertentu, tetapi makin lama akan hilang. Suede sepintas serupa dengan beludru, namun kenyataannya keduanya adalah bahan yang tidak sama, sampai cara perawatannya pun tidak sama. Kerjakan hal yang sama untuk barang-barang lain yang memiliki bahan suede, misalnya tas dan aksesori.

2. Nubuck Leather (Kulit Nubuck)

Nubuck leather datang dari kata ‘new’ dan ‘buck’ sepintas terlihat serupa dengan suede, namun keduanya memiliki susunan yang tidak sama. Nubuck leather memiliki susunan yang lebih halus dari suede. Permukaan Nubuck yang lembut bikin penampilan warnanya lebih solid yang dengan cara penting membuatnya tidak sama dengan sepatu yang mengkilat karena memakai bahan kulit type Full Grain atau Brush-Off. Harganyapun lebih mahal di banding Suede walau penampilannya nyaris sama. Sepatu memiliki bahan nubuck dikira lebih kuat dan awet dari suede karena bahan basic kulit yang digunakan lebih keras dari pada suede.

Perawatan paling baik untuk semua type dan jenis sepatu, baik flat maupun high heels yang memakai bahan Nubuck leather yaitu melakukan mencegah dari peluang terserang kotoran atau noda lewat cara memakai sepatu Nubuck hanya pada saat tertentu di mana tempat tampilan Kamu betul-betul bersih dan terutama tidak pada musim hujan.

Cara menjaga sepatu dengan material nubuck leather sama juga dengan sepatu memiliki bahan suede. Sikat dan penyemprotnya pun sama juga dengan suede, sampai apabila kamu tak perlu beli dua sikat atau penyemprot tidak sama apabila memiliki sepatu atau aksesori lain yang memiliki bahan basic nubuck leather dan suede. Pastikan kamu betul-betul membaca material basic sepatu yang dibeli dengan lihat info yang umum terdaftar pada kotak sepatu.

3. Kulit Asli (Genuine Leather)

Sepatu memiliki bahan kulit adalah type sepatu paling awet di banding dengan bahan sepatu yang lain. Bahan kulit untuk sepatu dibedakan jadi dua, yakni kulit asli (genuine leather) dan kulit sintetis (faux leather). Kulit asli atau genuine leather biasanya datang dari kulit hewan seperti sapi, kambing, domba dan babi. Sekilas memang tidaklah terlalu terlihat ketidaksamaan pada kulit asli dengan kulit sintetis. Namun, kulit asli memiliki susunan yang merasa lebih kasar ketika dipegang, tidak sama dengan kulit sintetis yang lebih halus dan rata teksturnya. Untuk type sepatu kulit alangkah sebaiknya untuk menaruh di tempat yang kering. Ini karena apabila di tempat yang lembab sepatu type kulit akan muncul bercak-bercak pada sepatu.

Apabila sepatu kulit terserang kotoran, bersihkan dengan kain lembut yang sudah di beri sedikit air. Gosok pada permukaan sepatu yang memiliki serat. Apabila terdapat noda membandel, gunakan shampo lembut yang di buat khusus untuk bersihkan bahan kulit. Setelah sepatu kering, gunakan semir memiliki bahan silikon yang warnanya sama juga dengan sepatu. Semir sepatu khusus kulit ada di beberapa toko sepatu. Gunakan cream itu dengan selembar kain yang lembut. Diamkan selama beberapa menit, lalu sikat sampai mengilap dengan kain atau sikat yang lembut. Berikan beberapa tetes air pada kain lap agar mengkilap. Kamu dapat juga memberikan semprotan anti air dan anti noda agar sepatu Kamu lebih terproteksi.

4. Kulit Sintetis (Faux Leather)

Sepatu dan barang lain yang memiliki bahan basic kulit sintetis juga memerlukan perawatan khusus agar tetaplah awet. Bersihkan bahan kulit sintetis dengan sabun khusus kulit. Berikanlah sedikit air pada kain lap, berikan sabun ke atasnya dan gosok sampai berbusa. Gunakan busa pada permukaan sepatu, sembari gosok perlahan-lahan. Basuh busa sampai bersih. Upayakan janganlah ada air yang masuk ke bagian dalam sepatu.

Kulit sintetis adalah type kulit imitasi yang terbuat berbahan basic kain, yang di proses dengan cara kimia dengan lilin, pewarna, atau polyurethane untuk membuahkan bahan dengan susunan dan warna seperti kulit.

5. Bahan Kanvas (Canvas Material)

Sepatu memiliki bahan kanvas adalah salah satu fashion item yang perlu dipunyai oleh pria dan wanita. Selain nyaman, sepatu kanvas memiliki bahan yang enteng dan sangat kasual sampai pas digunakan untuk bersantai. Cara menjaga sepatu memiliki bahan kanvas memang termasuk susah-susah gampang karena pada intinya sepatu memiliki bahan kanvas ini adalah bahan yang berdaya serap air tinggi, rawan memudar, sobek dan mudah terserang noda membandel.

Type sepatu dengan bahan kanvas dan denim adalah bahan yang mudah untuk dibersihkan. Biasanya ke-2 bahan yang digunakan dalam pembuatan sepatu ini tidak mudah kotor. Apabila kamu ingin bersihkan sepatu kanvas, siapkan terlebih dulu peralatan seperti sikat berbulu halus atau sikat gigi, ember, deterjen dan air hangat. Larutkan deterjen ke air hangat dan sikat sepatu kanvas sampai bersih. Basuh dan jemur pada tempat yg tidak terserang paparan cahaya matahari dengan cara segera. Setalah kering semua, tempatkan sepatu di rack atau kardus dengan aliran hawa yang baik agar terlepas dari kelembapan dan tidak ditumbuhi jamur.

6. Bahan Denim atau Jeans

Bahan denim sesungguhnya nyaris sama juga dengan bahan kanvas. Bahan ini pun kerapkali digunakan untuk bikin sneakers. Cara perawatannya pun sama juga dengan menjaga sepatu kanvas. Kamu hanya memerlukan sikat berbulu halus atau sikat gigi, ember, deterjen dan air hangat. Apabila bagian dalam sepatu berbau tidak enak, berikan sedikit baking soda dalam larutan deterjen untuk menyingkirkan aroma itu. Warna dari sepatu memiliki bahan denim ini biasanya warna biru, warna abu-abu dan hitam. Bahan denim termasuk juga bahan pembuat sepatu yang kuat dan tahan kurun waktu yang lama.

Agar sepatu-sepatu cantik kita tetaplah awet, janganlah lupa selalu untuk memperhatikan perawatannya ya. Apabila kita dapat beli, maka harus dapat pula merawatnya. Take a good care of your shoes!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s