Alat Pelindung Diri Keselamatan Kerja Para Awak Kapal

Image result for penerapan keselamatan kerja

Keselamatan Kerja ialah prioritas utama untuk seseorang pelaut profesional saat bekerja di atas Kapal. Semua perusahaan pelayaran meyakinkan bila kru mereka ikuti prosedur keamanan pribadi dan ketetapan untuk semua operasi yang dibawa di atas Kapal.

Untuk meraih keamanan optimal di kapal, langkah basic yaitu meyakinkan bila semua crew Kapal memakai perlengkapan pelindung pribadi mereka di buat untuk beragam type pekerjaan yang dilakukan pada kapal. Berikut ini yaitu perlengkapan basic perlengkapan pelindung diri yang perlu ada di sebuah kapal untuk menanggung keselamatan beberapa pekerja :

  • Pakaian pelindung : baju pelindung yaitu COVERALL yang membuat perlindungan badan anggota awak berbahan beresiko seperti minyak panas, air, percikan pengelasan dan sebagainya Hal semacam ini di kenal sebagai, “dangri “or “boiler suit”.
  • Helmet : Bagian yang paling penting dari badan manusia yaitu kepala. Perlu perlindungan paling baik yang disiapkan oleh helm plastik keras di atas kapal. Sebuah tali dagu juga disiapkan dengan helm yang melindungi helm di tempat ketika ada perjalanan atau jatuh.
  • Safety Shoes : maksimum dari ruang internal kapal dipakai oleh kargo dan mesin, yang terbuat dari logam keras dan yang membuatnya canggung untuk awak untuk jalan di sekitar. Sepatu safety meyakinkan bila tidak ada luka yang terjadi di kaki beberapa pekerja atau crew di atas Kapal.
  • sarung tangan (Hand safety) : Beragam type sarung tangan yang disiapkan Di Kapal. sarung tangan ini dipakai dalam operasi di mana hal semacam ini jadi keharusan membuat perlindungan tangan beberapa orang. Beberapa sarung tangan yang didapatkan sarung tangan tahan panas untuk bekerja pada permukaan yang panas, kapas sarung tangan untuk operasi normal, sarung tangan las, sarung tangan bahan kimia dan lain-lain
  • Goggles : Mata yaitu bagian paling peka dari badan manusia dan dalam operasi keseharian pada peluang kapal sangat tinggi untuk memiliki cedera mata. kaca pelindung atau kacamata yang dipakai untuk perlindungan mata, sedang kacamata las dipakai untuk operasi pengelasan yang membuat perlindungan mata dari percikan intensitas tinggi.
  • plug : Di Ruang Mesin kapal membuahkan nada 110-120 db ini adalah frekuensi nada yang sangat tinggi untuk telinga manusia. Bahkan juga beberapa menit paparan dapat menyebabkan sakit kepala, iritasi dan masalah pendengaran terkadang beberapa atau penuh. Sebuah penutup telinga atau steker telinga dipakai pada kapal yang menyeimbangi nada yang bisa di dengar oleh manusia dengan aman
  • Safety harness : operasi kapal teratur meliputi perbaikan dan pengecatan permukaan yang tinggi yang memerlukan anggota kru untuk mencapai beberapa daerah yg tidak mudah dibuka. Untuk hindari jatuh dari daerah tinggi seperti itu, maka memakai Safety harness. Safety harness yaitu di pakai oleh operator di satu ujung dan diikat pada titik kuat di ujung yang lain.
  • Face mask : Bai yang Bekerja di permukaan insulasi, pengecetan atau bersihkan karbon yang melibatkan partikel beresiko dan minor yang beresiko untuk badan manusia apabila dihirup segera. Untuk hindari hal semacam ini, masker muka diberikan hal semacam ini di pakai sebagai perisai muka dari partikel beresiko.
  • Chemical suit : Pemakaian bahan kimia di atas kapal sangat sering dan beberapa bahan kimia yang sangat beresiko jika berkontak segera dengan kulit manusia. Chemical suit dipakai untuk hindari kondisi seperti itu.
  • Welding perisai : Welding yaitu kesibukan yang sangat umum di atas kapal untuk perbaikan struktural. Juru las yang diperlengkapi dengan perisai las atau topeng yang membuat perlindungan mata dari kontak segera dengan cahaya ultraviolet dari percikan las, hal Ini Harus Di perhatikan dan sebaiknya pemakaian Welding shield sangat di haruskan untuk keselamatan Pekerja.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s