Liburan Aman dan Nyaman Bersama Keluarga

Afbeeldingsresultaat voor liburan bersama keluarga

Saat liburan, beberapa tempat wisata seperti pantai dan taman wisata biasanya akan dipadati pengunjung. Padatnya pengunjung didominasi oleh keluarga yang membawa anak.

Anak-anak yang lepas dari penilaian orangtua pun sering terjadi. Antrean panjang dan masalah makan pun jadi hal yang tidak nyaman untuk si kecil. Oleh karenanya, pastikan banyak hal sebelumnya Kamu liburan di beberapa tempat wisata favorite.

Bekal makanan dan minuman. Bawalah camilan yang sehat dan air mineral yang banyak. Makanan ringan sehat dapat berbentuk buah seperti pisang dan apel, dan roti lapis isi keju.

Bila dapat, bawa sendiri bekal makan siang Kamu dan keluarga, agar tidak ribet mencari makanan di dalam keramaian. Diluar itu, harga condong lebih mahal saat Kamu beli di obyek wisata.

Pastikan obyek wisata yang Kamu kunjungi memperbolehkan pengunjung membawa makanan dari luar. Memang, semakin lebih sulit membawa tentengan makanan. Namun nanti akan enteng setelah bekal habis dikonsumsi. Jakarta local guide merupakan salah satu solusi untuk anda yang ingin pergi berlibur.

Sinyal inginal. Buatkan sinyal inginal untuk anak Kamu. Dapat berbentuk name tag yang berisikan nama anak, nama orangtua, alamat, kelompok darah, dan nomer telephone orangtua ataupun nomer telephone lain yang dapat dihubungi didalam kondisi darurat. Sinyal inginal ini penting bila setiap saat anak Kamu hilang atau tidak berniat lepas dari penilaian Kamu.

Naik mobil atau kendaraan umum? Naik mobil pribadi memang tambah nyaman, namun pikirkan permasalahan parkirnya. Bila nyatanya lebih mudah naik kendaraan umum, maka gunakan sarana kendaraan umum menuju obyek wisata.

Bawa peralatan yang lain. Handuk kecil dan pakaian ubah untuk si kecil harus Kamu bawa. Jika memang perlu, Kamu dapat juga membawa pakaian ubah untuk diri Kamu sendiri. Pilih baju memiliki bahan katun yang menyerap keringat. Apabila merencanakan berkunjung ke obyek wisata air seperti watersport atau pantai, pakaian renang jadi hal harus yang perlu dibawa.

Payung atau jas hujan, sun block, obat pribadi, minyak kayu putih, obat antiseptik untuk luka, dan kacamata hitam dapat jadi peralatan yang perlu Kamu bawa. Buat daftar beberapa barang yang perlu dibawa, namun jangan pernah berlebihan.

Bawa uang recehan. Sediakan uang recehan untuk mempermudah Kamu membayar parkir dan jajan. Hal semacam ini mempermudah Kamu untuk mempercepat saat mengantre. Diluar itu sediakan uang cocok saat beli ticket.

Sebaiknya di beberapa obyek wisata, bila obyek wisata itu sediakan pembelian ticket jauh-jauh hari, gunakan sarana itu. Di beberapa taman bermain, agar lebih mudah, beli saja ticket terusan.

Tetapkan akan ke mana dan kesibukan. Sebelumnya sampai di obyek wisata, pastikan Kamu sudah memperoleh info yang cukup tentang wahana ataupun kesibukan yang di tawarkan obyek wisata.

Hal semacam ini dapat menghemat waktu Kamu, hingga sesampai di obyek wisata, Kamu dan keluarga sudah mengetahui akan ke mana. Diskusikan sebelumnya, wahana atau kesibukan mana saja yang akan dicoba pertama kalinya.

Misalnya, Kamu bertandang ke kebun binatang. Maka tanyakan si kecil, binatang-binatang mana yang ingin ia saksikan pertama kalinya. Dan aktivitas apa yang ingin ia ikuti.

Tetapkan titik berjumpa. Sesampai di obyek wisata, selekasnya tetapkan titik berjumpa. Misalnya di pos keamanan dekat pintu gerbang atau titik-titik strategis yang lain. Hal semacam ini penting bila ada anggota keluarga yang terpisah.

Latih anak Kamu, untuk mencari petugas bila terpisah dengan Kamu. Sesampai di obyek wisata, berikan tahu anak Kamu tanda-tanda petugas obyek wisata seperti apa. Hingga ia dapat membedakan mana yang petugas dan mana yang pengunjung umum.

Sediakan gadget. Sediakan perlengkapan elektronik seperti kamera dan telephone genggam. Pastikan semua perlengkapan itu telah penuh terisi baterainya sebelumnya Kamu pergi. Sebaiknya membawa baterai cadangan.

Bila Kamu pemakai hp pandai, maka bawalah telephone genggam type lama, yakni telephone genggam yang hanya dapat berperan untuk telephone dan SMS. Jadi, bila hp pandai Kamu kehabisan baterai, Kamu masihlah miliki cadangan telephone genggam.

Ingatlah untuk mengambil photo anak Kamu saat pergi ataupun setelah bertukar pakaian. Bila Kamu terpisah dari si kecil, maka Kamu miliki photo paling baru dari anak Kamu untuk mempermudah mencari si kecil.

Siaga copet. Tetaplah bawa uang tunai, karena ATM biasanya akan penuh atrean. Namun, sebarlah uang tunai Kamu. janganlah taruh semua di dompet.

Pastikan dompet Kamu tidak tebal akibat penuh dengan kertas dan kartu yang tidak penting. Sebar uang Kamu di tas Kamu dan pasangan, tas anak Kamu, dompet, dan bekal. Tidak perlu kenakan perhiasan yang menyolok.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s