Fungsi Sepatu Safety

Related image

Apakah itu sepatu safety dan apa sajakah persyaratan sepatu safety? Pengertian Sepatu Safety yakni Regulasi Keamanan dan keselamatan yang diberlakukan pada industri-industri yang mengharuskan beberapa pekerjanya untuk memakai Sepatu Safety sebagai satu di antara atribut atau peralatan kerja untuk mendukung keselamatan beberapa pekerjanya. Sepatu Safety dipakai membuat perlindungan jari kaki dari timpaan barang berat yang jatuh, yang bisa terjadi pada kecelakaan kerja, hingga jari kaki beberapa pekerja dapat telindungi dari hal yang fatal.

Pada awal kehadirannya sepatu safety di buat dengan dengan design yang sama juga dengan sepatu boots, namun pada perubahannya sepatu safety mengadaptasi beberapa type sepatu resmi dan casual yang umum digunakan bekerja di kantor ataupun berjalan-jalan. Berikut ini yaitu manfaat dan persyaratan dari Sepatu Safety :

  1. Kurangi efek atau jauhi terlukanya jari-jari kaki dari hantaman, tusukan atau timpaan benda yang berat dan keras saat jalan kecelakaan kerja. Oleh karenanya di bagian depan Sepatu Safety di beri pelindung dari lempengan baja.
  2. Kurangi efek atau jauhi luka bakar pada kaki pekerja saat terserang paparan api atau panas. Oleh karenanya Safety Shoes terbuat dari Kulit asli yang tahan pada api pada derajat panas khusus yang telah penuhi standard.
  3. Hindari terjadinya slip atau terpeleset karena licin saat terserang oli atau minyak yang ada pada lingkungan pekerjaan. Oleh Karenanya sisi Sol dari sepatu safety terbuat dari komponen yang Oil Resistance dan tipis.

Ada banyak peristiwa kecelakaan saat bekerja, oleh karenanya ketika bekerja alangkah sebaiknya memakai alat pelindung diri (APD). Terlebih buat mereka yang memiliki kemungkinan kecelakaan kerja lumayan besar. Maksudnya memakai alat pelindung diri saat bekerja tentunya bikin perlindungan pekerja, berikan produktivitas kerja. Alat pelindung diri itu salah satunya Safety Helmet, Ear Muff, Safety Glasses, Safety Gloves, masker dan Sepatu Safety.

Bahan dari Sepatu Safety beragam jenis, ada yang terbuat memiliki bahan polyurethane di mana bahan itu bikin sepatu empuk dan mudah, ada pula yang terbuat dari gabungan kimia sintetik yang padat, sampai sepatu kuat dan keras. Biasanya pekerja yang memakai Sepatu Safety ini yaitu mereka yang bekerja di perusahaan yang bergerak di segmen Property, bangunan, pabrik perakitan atau pembuatan mobil, motor, perusahaan baja, perusahaan tambang dan lain-lain.

Langkah Memakai dan Menjaga Sepatu Safety
Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memakai Sepatu Safety yang benar, yaitu sepatu yang dipakai harus sesuai ukuran kaki penggunanya, janganlah terlalu kecil dan jangan sampai juga sangat besar sebab akan bikin kaki cidera. Bila Sepatu Safety yang Kamu punyai memakai tali, harus diikat dengan baik dan kuat agar tali tidak terinjak saat bekerja. Bila sepatu terserang air, sebelumnya dipakai usahakanlah untuk dikeringkan lebih dahulu dan manfaatkanlah kaos kaki ketika memakai sepatu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s