Ini Kelebebihan dan Kekurangan Pertalite

c325eebccf609cc656d940dc0ca9dd0b-55ec6215b192731c056fd49a
Nama Pertalite terakhir tengah naik daun. Pasalnya, pertalite disebut-sebut akan menukar posisi Premium sebagai bahan bakar minyak (BBM) primadona orang-orang. Sesungguhnya, apakah itu Pertalite, dan apa keunggulan dan kekurangannya?

Pertalite sendiri adalah bahan bakar minyak yang belum lama ini di produksi dan di pasarkan oleh Pertamina. Dengan kandungan ResearchOctane Number (RON) yang meraih 90, Pertalite didatangkan sebagai varian baru gasoline bagi customer beberapa pemakai kendaraan bermotor yang inginkan bahan bakar minyak yang dapat membuahkan pembakaran yang jauh tambah baik bagi mesin kendaraan.

Pertamina sendiri dengan cara resmi mendistribusikan bahan bakar jenis baru ini medio Juli 2015 ke sebagian Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya. Dengan cara resmi, Pertalite di bandrol Rp8. 400 per liternya. Atau mungkin dengan kata lain sedikit lebih mahal di banding BBM jenis Premium, dan sedikit lebih murah dari Pertamax.

Banyak pro dan kontran di orang-orang yang menemani hadirnya BBM jenis baru ini. Terlebih, Pertalite di produksi untuk meniadakan premium dengan cara bertahap, hingga pada 2017 diperkirakan taka da lagi SPBU yang jual premium. “Hal ini sesuai sama instruksi menteri ESDM yang memberi tenggat saat dua th. pada Pertamina untuk meniadakan jenis premium RON 88, ” tutur Edi Rangkuti, pengurus Himpunan Entrepreneur Minyak dan Gas (Hiswana Migas) pada OLX Indonesia, Selasa 8 September 2015.

Ia menerangkan, Pertalite adalah jenis bahan bakar yang dibuat dari sistem menambahkan zat aditif dalam pemrosesannya. Oleh karenanya, BBM jenis ini direferensikan untuk jenis kendaraan yang sudah memakai teknologi yang setara dengan Catalytic Converters (pengubah katalik) dan Electronics Fuel Injection (EFI).

Walau harga nya lebih mahal disbanding Premium, menurut Eri, dengan cara kwalitas Pertalite tambah baik dari Premium. Terdapat banyak kelebihan BBM jenis baru ini. Yang paling utama sudah pasti kandungan oktan Pertalite yang lebih tinggi dari Premium. Dengan kandungan oktan yang lebih tinggi itu, kendaraan yang memakai Pertalite akan membuahkan pembakaran mesin yang tambah lebih maksimal.

Diluar itu, BBM jenis Pertalite ini lebih bersih, hingga mesin kendaraan juga lebih terbangun kebersihannya. Begitu, kendaraan juga semakin lebih tahan lama dan tidak gampang rusak. “Pertalite juga mempunyai kandungan yang ramah lingkungan dan jauh tambah baik dari Premium, ” katanya.

Walau demikian, Komaidi Notonegoro, pengamat migas dari ReforMiner Institute memiliki pendapat masihlah ada kekurangan yang dipunyai Pertalite. Yakni tak banyak jenis kendaraan yang dapat menggunakan jenis baru BBM ini. Sebab, imbuhnya, umumnya jenis kendaraan yang dipakai oleh orang-orang sekarang ini telah mempunyai spesifikasi minimal RON 91-93. “Sebenarnya untuk bahan bakar sendiri, Pertamax yaitu spesifikasi minimun prasyarat pengisian bahan bakar mobil keluaran sekarang ini, ” katanya.

Dengan nilai RON 90-91 Pertalite pasti tidak bisa jadikan bahan bakar pengganti untuk kendaraan yang memanglah diwajibkan memakai bahan bakar RON 92 sebagai bahan bakar intinya. Walau sebenarnya, tegasnya, jenis kendaraan yang memakai bahan bakar dengan nilai RON 91-93 yaitu kendaraan-kendaraan yang umum dipakai orang-orang sperti Avanza, Xenia, Innova, Honda Jazz, Ertiga, dan lain sebagainya.

“Banyak yang menilainya Pertalite ini hanya jalan keluar yang pas untuk beberapa pemakai kendaraan yang sukai mencampurkan bahan bakar Premium dan Pertamax untuk kendaraannya, ” tuturnya.

Komaidi juga menyayangkan pemerintah yg tidak lakukan survey lebih jauh mengenai berapakah tepatnya angka oktan yang dibutuhkan di Indonesia. Dengan survey yang komprehensif, pemerintah dapat memastikan angka oktan yang pas berdasar pada sebagian besar kendaraan. Cari lokasi wisata yang menyenangkan? jakarta fun facts akan membantu anda menemukan lokasi wisata yang cocok saat akhir tahun.

“Saya fikir boleh-boleh saja dengan Pertalite RON 90 ini, tetapi mesti di dukung oleh survey yang komprehensif, katanya. “Zaman dahulu itu membutuhkan angka oktan berapakah berdasar pada survey, dan saat itu ada Lemigas yang lakukan survey itu. ”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s